Media Promosi



Promosi adalah suatu hal yang harus dilakukan setiap perusahaan.  Hal utama dalam promosi adalah membuat pesan  yang  persuasif  yang  efektif  untuk  menarik  perhatian  konsumen.

Jenis-jenis media promosi yang bisa digunakan untuk menjual produk atau jasa :

1. Internet

Koneksi internet saat ini seakan sudah menjadi kebutuhan sehari-hari oleh sebagian besar masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Semua hal bisa ditemukan melalui internet, salah satunya adalah transaksi jual beli. Bahkan, bisa dikatakan bahwa sekarang masyarakat lebih menyukai berbelanja di toko online karena dirasa lebih praktis

Oleh karena itu, kita perlu memanfaatkan fenomena tersebut dengan sebaik-baiknya. Gunakan internet untuk pemasaran secara online. Bisa melalui website, media sosial (Instagram, WhatsApp, Facebook), email, e-commerce, atau video conference. Selain mudah untuk dilakukan, kita juga tidak perlu mengeluarkan biaya pemasaran. Kalaupun memakai Facebook Ads atau sejenisnya yang membutuhkan biaya, nominalnya juga tidak terlalu besar. Dengan begitu, budget yang kita punya bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

2. Televisi

Beriklan di televisi memang menarik paling banyak konsumen karena mampu menampung banyak iklan. Metode iklan yang berupa gambar bergerak dengan suara juga lebih memikat hati penontonnya. Sayangnya, membuat iklan di televisi membutuhkan banyak waktu, sehingga biaya yang dibutuhkan pun juga sangat besar. Di samping itu, durasi iklan juga hanya sebentar, yaitu satu menit saja. Ini karena harus bergantian dengan iklan-iklan lainnya, sehingga ada kemungkinan terlewat dan informasi tidak bisa tersampaikan dengan lengkap.

3. Brosur

Brosur adalah media promosi cetak yang dikeluarkan dalam jumlah banyak sekaligus secara tidak berkala dengan satu hingga beberapa halaman kecil dalam kualitas yang bagus. Hingga kini, brosur masih cukup digemari oleh para pengusaha untuk mempromosikan bisnisnya. Biasanya, brosur banyak tersedia di bagian kasir toko sehingga akan menarik minat konsumen untuk mengambilnya. Terkadang, brosur juga dibagi-bagikan oleh pihak marketing kepada konsumen yang mereka temui.

Brosur yang bagus adalah yang mencakup cukup informasi terkait produk yang dipromosikan berikut gambar aslinya. Pemberian warna dan desain brosur yang eye-catching akan semakin menambah daya tarik bagi konsumen.

4. Banner




Untuk tampilan yang lebih mencolok lagi, kita bisa menggunakan media promosi berupa banner yang dicetak dalam ukuran besar dan dipasang di tempat yang mudah dilihat. Umumnya, banner memiliki ukuran 80 x 200 cm, sehingga dari jarak jauh pun sudah dapat dilihat oleh orang.

Pemasangan banner secara horizontal bisa pada tiang yang telah disediakan khusus dan biasanya harus menyewa pada pihak penyedia. Namun kita juga bisa memilih banner vertical yang dipasang pada rangka berbentuk X atau yang lebih dikenal dengan sebutan X-banner. Banner jenis ini bisa diletakkan di depan toko Anda atau bisa juga dipindahkan dengan mudah untuk diletakkan di tempat lain. Misalnya ketika Anda mengikuti event untuk mempromosikan bisnis Anda, maka Anda bisa dengan mudah memindahkannya.

5. Poster

Kita pasti sudah sering menemui adanya poster-poster yang mengiklankan berbagai macam produk di tempat-tempat umum. Ya, poster memang merupakan salah satu media yang umum digunakan untuk mempromosikan bisnis. Pemasangannya yang berada di tempat strategis dan ukurannya yang cukup besar membuatnya berpotensi besar menarik perhatian orang-orang yang ada di sekitarnya. Untuk semakin minat pembaca, maka kita perlu mendesain poster dengan tampilan yang cukup mencolok dan menjelaskan tentang bisnis dengan baik.

6. Merchandise


Konsumen pasti akan sangat senang jika mendapatkan barang secara gratis dan dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya, menggunakan media promosi berupa merchandise cukup baik dalam memikat hati konsumen untuk membeli brand kita.

7. Radio

Memasang iklan di radio juga tergolong efektif dalam menarik minat konsumen. Tidak membutuhkan banyak biaya, mampu menjangkau wilayah secara luas, dapat diterima dan didengar di wilayah tanpa listrik, dapat penyampaiannya mudah diterima siapa saja. Sayangnya, berpromosi di radio tidak dapat menampilkan gambar, sulit menyampaikan informasi yang kompleks, dan waktunya terbatas.

8. Koran/Majalah

Terakhir, ada media promosi koran dan majalah. Keduanya merupakan media cetak yang dapat menampilkan banyak informasi dan sering dibaca konsumen. Memasang iklan di koran bisa berupa tulisan yang dipasang pada kolom khusus iklan. Namun, penyampaiannya jadi kurang efektif karena konsumen tidak bisa melihat produknya, serta tarifnya dipatok per kata sehingga biayanya akan mahal. Meski begitu, Anda juga bisa beriklan menggunakan gambar dan memberikan banyak warna. Tentu saja, harganya jadi lebih mahal.


sumber : https://www.qiscus.com/id/blog/macam-media-promosi-untuk-meningkatkan-penjualan/


Comments

Popular posts from this blog

Pengenalan Gambar Teknik

Simbol Bahan Bangunan

Peralatan dan Perlengkapan Gambar