Defenisi Laporan Keuangan

Sumber https://www.finansialku.com/catatan-kaki-laporan-keuangan-perusahaan/

Di buku I (pertama) Principles of Accounting – Indonesia Adaptation, Laporan Keuangan adalah laporan yang disiapkan untuk para pengguna setelah transaksi-transaksi dicatat dan dirangkum.

Definisi Laporan Keuangan dalam buku Essentials of Financial Management karya Eugene F. Brigham menuliskan bahwa: “Laporan Keuangan adalah beberapa lembar kertas dengan angka-angka yang tertulis di atasnya, tetapi penting juga untuk memikirkan aset-aset nyata yang berada di balik angka- angka tersebut”

Sedangkan dalam buku Intermediate Accounting, karya Dr. Zaki Baridwan, Msc. Ak dosen Fakultas Ekonomi Universitas Gajah Mada Yogyakarta, dituliskan bahwa Pengertian Laporan Keuangan adalah: Laporan Keuangan merupakan ringkasan dari suatu proses pencatatan, merupakan suatu ringkasan dari transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama tahun buku yang bersangkutan

Laporan Keuangan Konsolidasian, di mana menurut Keputusan Ketua Bapepam dan LK Nomor: Kep-347/BL/2012 tanggal 25 Juni 2012, adalah:  Laporan keuangan konsolidasi adalah laporan keuangan suatu kelompok usaha yang disajikan sebagai suatu entitas ekonomi tunggal yang menggabungkan seluruh entitas yang dikendalikan oleh emiten atau perusahaan publik, termasuk entitas bertujuan khusus (EBK).

Laporan Keuangan digunakan untuk menilai kondisi keuangan perusahaan saat ini dan memprediksi hasil operasi dari arus kas di masa mendatang. Sebagai contoh, staf kredit di bank menggunakan laporan keuangan perusahaan untuk memutuskan apakah suatu perusahaan layak diberi pinjaman.

Begitu pinjaman diberikan, peminjam dapat diminta untuk mempertahankan rasio jumlah aset terhadap kewajiban pada  tingkat  tertentu. Laporan keuangan perusahaan digunakan  untuk memonitor rasio ini.

Jenis Laporan Keuangan

Secara umum, dan sedikit sudah disinggung dalam pembahasan mengenai pengertian laporan keuangan menurut para ahli di atas, ada 4 (empat) jenis laporan keuangan, yaitu:

1.  Laporan Laba Rugi (Statements of Profit or Loss)

2.  Neraca / Laporan Posisi Keuangan (Statements of Financial Position)

3.  Laporan Perubahan Ekuitas / Modal (Statements of Changes in Equity)

4.  Laporan Arus Kas (Statements of Cash Flows)





Comments

Popular posts from this blog

Pengenalan Gambar Teknik

Simbol Bahan Bangunan

Peralatan dan Perlengkapan Gambar