Ruang Lingkup Pekerjaan Konstruksi

Ruang lingkup pekerjaan bangunan merupakan wujud fisik hasil pekerjaan konstruksi yang menyatu dengan tempat kedudukan baik yang ada di atas, di bawah tanah dan/atau di air. Bangunan merupakan wujud fisik hasil pekerjaan konstruksi. Orang mengartikan bahwa bangunan itu berupa rumah, gedung, jembatan atau sarana prasarana lainnya. Dalam lingkup pekerjaan proyek bangunan atau proyek konstruksi terbagi menjadi 4 jenis yaitu

 1.   Proyek Bangunan Perumahan Atau Pemukiman (Residential Construction)

4 Keuntungan Memiliki Hunian di Perumahan Cluster

Proyek ini pembangunannya secara masal atau serempak dengan penyediaan sarana penunjang. Dalam pengerjaan proyek bangunan perumahan diperlukan perencanaan yang matang karena menyangkut fasilitas dan jaringan infra strukturnya, seperti jalan, air bersih, listrik, dan sarana-sarana lainnya.


 2.   Proyek Konstruksi Bangunan Gedung (Building Construction)

Gedung Dinas Perpustakaan Tidak Dilengkapi Instalasi Pemadam Kebakaran |  WARTA BANTEN

Konstruksi bangunan gedung ini merupakan tipe pekerjaan atau proyek yang banyak dilakukan, karena tipe proyek seperti ini menekankan pada pertimbangan konstruksi, pertimbangan pada teknologi yang praktis dan pertimbangan pada peraturan bangunan setempat.

 

3.   Proyek Konstruksi Teknik Sipil (Heavy Engineering Construction)

Belajar Konstruksi Jalan Jembatan - Home | Facebook

Pada proyek Konstruksi teknik Sipil pemilik proyek (owner) biasanya pemerintah baik pemerintah pusat (tingkat nasional) atau pemerintah daerah (kabupaten/kota). Pada pengerjaan proyek ini elemen desain, financial dan pertimbangan hukum tetap menjadi pertimbangan penting, walaupun proyek ini lebih bersifat non-profit dan mengutamakan pelayanan masyarakat (public services). Proyek ini merupakan proses penambahan infrastruktur pada lingkungan terbangun (built environment). Beberapa jenis pekerjaan proyek Konstruksi teknik sipil antara lain yaitu proyek pembangkit listrik, proyek jalan raya, proyek jalan kereta api, proyek bendungan, proyek pertambangan, dan lain sebagainya.

 

4.   Konstruksi Bangunan Industri (industrial construction)

Kawasan Industri - ARSITAG

Proyek konstruksi bangunan industri membutuhkan keahlian khusus di bidang perencanaanya terutama yang menyangkut desain dan konstruksinya. Proyek ini merupakan bagian yang relatif kecil dari industri konstruksi, tetapi merupakan suatu komponen yang penting dalam pengembangan bangunan industri. Pemilik proyek (owner) ini biasanya merupakan suatu perusahaan atau industri yang besar, seperti contohnya perusahaan minyak, perusahaan farmasi, perusahaan kimia dan industri-industri lainnya.

Comments

Popular posts from this blog

Pengenalan Gambar Teknik

Simbol Bahan Bangunan

Peralatan dan Perlengkapan Gambar