Sistem Penangkal Petir


 


Installasi penangkal petir adalah merupakan suatu sistem yang menggabungkan komponen–komponen dan peralatan–peralatan yang secara keseluruhan berfungsi sebagai penangkal petir yang menyalurkan sambaran petir ke tanah. Sistem tersebut dipasang sedemikian rupa sehingga semua bagian dari bangunan beserta isinya atau benda–benda di dalamnya terlindung dan terhindar dari bahaya sambaran langsung maupun tak langsung. Installasi ini di kelompokan menjadi bagian penghantar diatas tanah dan penghantar didalam tanah.

Dengan pemasangan installasi penangkal petir tidak menambah atau mengurangi kemungkinan suatu bangunan atau peralatan terkena sambaran petir, akan tetapi bila terjadi sambaran petir arusnya akan disalurkan ke tanah lewat installasi penyaluran sehingga bangunan dan peralatan didalamnya terlindung.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan, antara lain :
1)    Penangkal petir sistem Franklin
2)    Penangkal petir sistem Faraday

Fungsi Perlindungan dari Installasi Penangkal Petir.

Untuk hal tersebut diatas diperlukan penangkal petir yang sangat handal terutama untuk gedung, fasilitas umum dan pusat bisnis yang menghandalkan komputer atau peralatan elektronik untuk seluruh kegiatan bisnisnya. 

Ada 4 kriteria yang harus di perhatikan dalam sistem penangkal petir untuk dapat mengikuti standar dunia yang telah teruji antara lain :
1)    Jaringan Air Termination
2)    Penghantar atau down conductors
3)    Jaringan pembumian grounding
4)    Bonding untuk mengindari side flashing

Korosi adalah hal yang sering terjadi pada sistem penangkal petir. dengan mutu material yang rendah banyak di dijumpai penangkal petir yang terpasang hanya baik untuk 3-12 bulan. Setelah korosi terjadi pada semua komponen, sistem penangkal petir tidak lagi menghantar dengan sempurna. Akibatnya jelas kerugian material sampai bahaya kematian bagi manusia pastikan semua sistem penangkal petir terbuat dari material tembaga murni, bukan campuran dan kwalitas pabrik yang baik.

Penangkal Petir Sistem Franklin
Penangkal petir sistem Franklin menggunakan ide melindungi kerucut, dimana jari–jari alasnya sama dengan tinggi kerucut. Jenis penangkal petir dengan sistem Franklin ini banyak dipakai karena ekonomis. Metode ini menggunakan konduktor yang mampu melindungi wilayah dalam bentuk kerucut dengan ketinggian sebanding dengan radius bagian atasnya. Metode ini sesuai digunakan untuk bangunan menara masjid atau gereja, cerobong asap, menara tower, antena pemancar radio, gedung–gedung yang tinggi dimana area yang harus dilindungi berbentuk kerucut dan juga biaya installasi tidak terlalu mahal.

Penangkal Petir Sistem Faraday
Penangkal petir sistem Faraday ini adalah dengan cara membuat kurungan Faraday atau sangkar Faraday adalah dengan menyusun dan mendirikan tiang – tiang yang tingginya di sesuaikan dengan bangunan yang akan di lindungi dari sambaran petir, dimana satu dan lainnya dihubungkan dengan kawat–kawat tembaga dan masing–masing kawat tembaga tersebut  dihubungkan ke arde yang membentuk kurungan atau sangkar yang mempunyai mata jala dengan jarak tidak lebih dari 30 meter antara titik potongannya. Sistem penangkal petir jenis Faraday ini lebih mahal dibandingkan dengan sistem penangkal petir jenis Franklin.







Comments

Popular posts from this blog

Pengenalan Gambar Teknik

Simbol Bahan Bangunan

Peralatan dan Perlengkapan Gambar