Pemasangan kusen pintu dan jendela

Pemasangan kusen pintu dan/atau jendela memerlukan ketelitian yang tinggi, teru-tama ketegakannya. Kesalahan dalam pemasangan dapat mengakibatkan tidak berfungsinya daun pintu atau jendela dengan benar pada saat membuka atau menu-tupnya. Oleh karena itu seorang tukang pasang bata bertanggung jawab atas terpa-sangnya kusen pintu dan/atau jendela pada pasangan dinding.

Persyaratan yang harus dipenuhi dalam memasang kusen pintu dan/atau jendela adalah:
1. Kusen harus benar-benar tegak
2. Ambang atas kusen (maupun ambang bawah pada kusen jendela) harus benar-benar datar.
3. Tiang kusen harus benar-benar melekat pada dinding.

Ketiga syarat di atas harus dikuasai oleh seorang tukang pasang bata, terutama syarat ketiga sehingga pada saat digunakan sehari-hari kusen tidak bergoyang.Langkah-langkah pemasangan kusen pintu dan/atau jendela adalah sebagai berikut:
1. Untuk memasang kusen paling tidak diperlukan dua orang pembantu tukang.Siapkan kusen yang akan dipasang.
2. Perhatikan arah membukanya pintu, apakah ke arah dalam atau luar.
3. Dirikan kusen pada tempatnya akan dipasang sesuai dengan ketinggian yang ditentukan.Jika kusen akan dipasang tepat ditengah-tengah ruangan, maka as kusen harus benar-benar berimpit dengan as ruangan.
4. Perhatikan juga ketinggian rencana lantai. Ketinggian lantai harus sudah diketahui secara tepat sesuai dengan yang telah direncanakan, berhubung pada saat pemasangan kusen pada umumnya lantai belum selesai dipasang.
5. Ketinggian kusen dapat diatur dengan cara mengganjal tiang/kaki kusen dengan kayu berbentuk baji.
6. Atur kedudukan kusen terhadap rencana ketebalan dinding, atau dapat juga dengan cara mengatur berdasarkan tebalnya sloof atau rollag.
7. Atur kedataran kusen dengan menggunakan waterpass, atau selang air. Ketinggian garis duga diambil ± 1,00 m dari sisi bawah ambang atas.
8. Setelah kusen benar-benar tegak dan datar, pasang skor yang dipaku pada kusen dan patok bantuan. Paku pada kusen cukup satu saja agar tidak merusak kusen.
9. Setelah benar-benar tegak, pasang skor penguat di bawah skor pertama
10. Tambahkan lagi skor penguat yang terbuat dari papan 2/20.


Comments

Popular posts from this blog

Pengenalan Gambar Teknik

Simbol Bahan Bangunan

Peralatan dan Perlengkapan Gambar