Waktu pelaporan

Secara umum pada pelaksanaan proyek-proyek konstruksi umumnya dan proyek-proyek bidang jembatan pada khusunya dan ditemui beberapa permasalahan dalam pembuatan laporan seperti: 
Tidak disiplin dan tepat waktu; 
Laporan kurang lengkap; 
Laporan kurang akurat; dan 
Manfaat laporan kurang dipahami. 

Akibat hal-hal tersebut maka dapat berakibat antara lain: 
Pengambilan keputusan dan tindakan turun tangan oleh pengendali proyek tidak tepat dan terlambat; 
Keterlambatan pelaksanaan proyek menjadi berlarut-larut tanpa keputusan yang pasti; 

Maksud dan tujuan 
Laporan dibuat dengan maksud memberikan informasi kepada semua bagian atau unit kerja terkait  berbagai hal mengenai pelaksanaan pengawasan pekerjaan jembatan yang sekiranya diperlukan sesuai dengan tugas masing-masing dengan dapat menyiapkan diri  dan  mengambil   langkah-langkah  seperlunya  untuk  mendukung pelaksanaan pengawasan pekerjaan jembatan sehingga dapat lancar dan berhasil dengan baik yang pada dasarnya sangat mernbantu kelancaran pekerjaan dan keberhasilan suatu proyek. 

Waktu pengiriman/penyampaian laporan 
Laporan-laporan yang dibuat atau disusun (laporan  harian,  laporan  mingguan / bulanan), secara hirarkhi disampaikan kepada unit-unit atasan. Laporan harus disampaikan dengan tepat waktu dan tepat kirim.  

Tepat waktu 
Dengan tepat waktu, dimaksudkan bahwa laporan harus disampaikan sesuai dengan waktu yang tidak ditetapkan, sesuai dengan jenis laporannya. 
Laporan harian disampaikan setiap hari, pada hari yang bersangkutan atau paling lambat sehari sesudahnya atau disampaikan batas akhir yang ditentukan. 
Laporan mingguan, disamapaikan pada akhir minggu yang bersangkutan, atau sesuai dengan yang ditentukan 
Laporan-bulanani\disampaikan pada tiap akhir bulan. 

Tepat kirim 
Tepat kirim dimaksudkan  bahwa  laporan  harus dikirim  dan  disampaikan kepada para pejabat pada bagian-bagian atau unit-unit kerja terkait atau institusi lain yang ditentukan, menurut jenis dan tingkat hirarkinya. Misalnya laporan harian dikirim dan disampaikan kepada atasan langsung atau pejabat yang ditentukan.

Comments

Popular posts from this blog

Pengenalan Gambar Teknik

Simbol Bahan Bangunan

Peralatan dan Perlengkapan Gambar