Pemasangan benang pada papan bangunan (bouwplank)




Pengukuran dan pematokan adalah pekerjaan”menggambar” di atas tanah yang akan dibangun . Gambar yang dibuat adalah berupa tarikan garis untuk pedoman as pondasi dan kerataan permukaan pasangan, kusen maupun kolom.

Gambar yang akan dibuat dari tarikan benang berpedoman pada papan bangunan (bouwplank , berasal dari bahasa Belanda ”bouw” artinya bangunan dan ”plank” artinya papan). Bouwplank harus dibuat datar/waterpas, menggunakan selang.

Bouwplank (papan duga) adalah papan yang dipasang pada patok-patok di sekeliling bangunan dengan tujuan untuk mendapatkan tinggi muka lantai dari bangunan, untuk menentukan lebar galian pondasi, dan menentukan bangunan.

Bouwplank harus mempunyai dudukan yang kuat untuk jangka panjang dan harus bebas dari galian dan timbunan agar mudah terlihat. Pada saat pemasangan, harus diperhatikan bahwa papan bouwplank bagian atasnya harus sedatar mungkin dengan menggunakan waterpas dan dipaku pada patok-patok yang kuat.

Papan bouwplank dipakukan pada patok yang tertancap kuat di tanah sehingga tidak mudah bergoyang. Kedalaman patok harus cukup agar tak mudah lepas.

Bila ragu-ragu apakah papan bouplank masih bisa bergerak maka dibuatkan skur biar stabil, karena fungsi skur yang miring adalah untuk menetralisir gerakan naik-turun atau gerakan mendatar.

Benang atau tali yang akan menunjukkan as bangunan beserta ruangan-ruangannya,dipasang/direntangkan menghubungkan bouwplank satu sama laindan harus benar-benar tegak lurus bila bersimpangan. Sisi-sisi tegak lurus digambarkan seperti garis BA dan AC dibawah ini.



Tujuan pemasangan
Pemasangan benang bertujuan untuk memberi acuan dan meyakinkan, bahwa peletakan bangunan berada pada posisi yang benar dan setiap sisinya membentuk sudut siku-siku (90°) serta bangunan dalam kondisi datar, dikontrol dengan waterpas dan dipasang papan bouwplank.
Pemasangan benang dimaksudkan juga untuk menunjukkan as bangunan beserta ruangan-ruangannya.

Prosedur pemasangan
a. Periksa/perhatikan gambar kerja
b. Pasang/tanamkan patok-patok di titik-titik tertentu di lapangan untuk papan bouwplank sesuai gambar kerja. Papan bouwplank harus diketam rata pada sisi atasnya dan dipilih papan yang berbentuk lurus.

c. Letakkan patok-patok untuk menempatkan papan bouwplank sejauh 1,0 – 1,5 m dari bahan terluar galian. Ruang sejauh 1,0 – 1,5 m tersebut digunakan untuk lalu lintas kerja dan penempatan bahan-bahan seperti batu kali dan adukan yang akan di pakai.
d. Tempatkan 2 buah patok pada satu sisi terluar bangunan.



e. Tarik benang dari kedua patok tersebut setelah memeriksa kedudukan mendatarnya.
f. Tempatkan papan penduga yang menghubungkan kedua patok tersebut dengan atau tanpa menambah patok antara sesuai dengan kebutuhan dan pada ketinggian muka lantai yang diinginkan. Tempatkan patok-patok pada sisi bangunan yang lain dan harus tegak lurus pada sisi bangunan yang telah dipasang papan bouwplank sebelumnya.
g. Beri tanda letak titik duga untuk membuat bidang datar.
h. Pasang papan bangunan (bouwplank) sesuai tanda letak titik duga dan gambar kerja.
i. Beri tanda letak titik as bangunan, dan dipasang paku untuk merentangkan benang.

Pemasangan benang pada papan bangunan/bouwplank
Semua Bouwplank menggunakan kayu kelas II/terentang diserut rata dan terpasang waterpass dengan peil + 0.00 m. Setiap jarak 2 m papan bouwplank ini harus dicatat sumbu-sumbu dinding, dengan cat yang tidak luntur oleh pengaruh iklim.

 
a. Tanamkan secara dipancang deretan patok-patok menurut kedudukan tarikan benang (garis BA) sebagai dasar pengukuran bangunan.
b. Pancangkan deretan patok-patok menurut kedudukan garis CD yang dibuat tegak lurus terhadap garis BA dengan menggunakan perbandingan dalil pythagoras (3:4:5).
c. Dengan cara yang sama, pancangkan deretan patok-patok menurut garis EF dan GH.
d. Pada tiap-tiap patok beri tanda letaknya titik duga ± 0,00 dengan membuat bidang datar pada setiap patok.
e. Pasang bouwplank dengan berpedoman pada titik duga tersebut.
f. Tentukan letaknya titik-titik sumbu dinding tembok pada papan bouwplank, lalu tancapkan paku dan beri tanda dengan cat atau meni.


Comments

Popular posts from this blog

Pengenalan Gambar Teknik

Simbol Bahan Bangunan

Peralatan dan Perlengkapan Gambar