Istilah-istilah dalam konstruksi Jembatan




·       Jembatan adalah suatu struktur yang memungkinkan rute transportasi melintasi sungai, danau, kali, jalan  raya, jalan Kereta Api dan lain-lain.
Rute Transportasi berupa, jalan kereta api jalan trem, pejalan kaki, rentetan kendaraan dan lain-lain. Jembatan yang melintasi diatas jalan biasanya disebut viaduct.
·      Bangunan Atas : Sesuai dengan istilahnya berada pada bagian atas suatu jembatan, berfungsi menampung beban-beban yang ditimbulkan oleh lalu lintas orang, kendaraan dan lain-lain dan kemudian menyalurkannya kepada bangunan bawah.
·       Landasan : Bagian ujung bawah dari suatu bangunan atas yang berfungsi menyalurkan gaya-gaya reaksi dari bangunan alas kepada bangunan bawah. Menurut fungsinya dibedakan landasan-sendi (fixed bearing) dan landasan gerak (movable bearing).




·  Bangunan-bawah : Bangunan-bawah pada umumnya terletak disebelah bawah bangunan atas.Fungsinya menerima / memikul beban-beban yang diberikan bangunan atas dan kemudian menyalurkannya ke pondasi. Beban-beban tersebut selanjutnya oleh pondasi disalurkan ke tanah.

·     Oprit-jembatan : Oprit berupa timbunan tanah dibelakang abutment timbunan tanah ini harus dibuat sepadat mungkin, untuk menghindari terjadinya penurunan (settlement) hal ini tidak mengenakkan bagi pengendara. Apabila ada penurunan, terjadi kerusakan pada expansi joint yaitu bidang pertemuan antara bangunan atas dengan abutment. Untuk menghindari ini, pemadatan harus semaksimum mungkin dan diatasnya  dipasang plat injak dibelakang abutment.

·       Bangunan Pengaman Jembatan :  Berfungsi sebagai pengamanan terhadap pengaruh sungai yang bersangkutan baik secara langsung maupun tak langsung. Kadang-kadang disamping jembatannya Oprit-jembatan Bangunan-bawah harus diamankan, sungainya pun harus biaya pengamanan dari pengamanan diamankan, dimana sungai lebih mahal jembatan.

·      Abutment : Abutment atau kepala jembatan adalah bagian bangunan pada ujung-ujung jembatan, selain sebagai pendukung bagi bangunan atas juga berfungsi sebagai penahan tanah.

·      Pilar-jembatan : Pilar atau pier berfungsi sebagai pendukung bangunan atas. Bila pilar ada pada suatu bangunan jembatan letaknya diantara kedua abutment dan jumlahnya tergantung keperluan, seringkali pilar tidak diperlukan.
·     Pondasi : Berfungsi menerima beban-beban dari bangunan bawah dan menyalurkannya ke tanah.


Comments

Popular posts from this blog

Pengenalan Gambar Teknik

Simbol Bahan Bangunan

Peralatan dan Perlengkapan Gambar